Tips Membuat Rumah Konsep Jepang, Nyaman & Minimalis

Semen Go Green

Jika Anda ingin menerapkan rumah bergaya minimalis maka salah satunya bisa mengikuti rumah konsep Jepang yang tentu saja membuat hunian nyaman namun tetap estetik. Saat membangun rumah minimalis, tentu perlu juga untuk memilih material bangunan yang tepat salah satunya, semen go green yang lebih ramah lingkungan.

Desain rumah berkonsep Jepang, lebih cenderung minimalis dengan memanfaatkan penggunaan furniture multifungsi. Lalu apa saja tips yang perlu diterapkan agar punya hunian bergaya Jepang yang estetik?

Rumah Konsep Jepang yang Nyaman dan Minimalis

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda terapkan agar bisa membuat rumah dengan nuansa Jepang minimalis dan nyaman.

1.     Bentuk Atap yang Lebar

Pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu, bahwa rumah bernuansa di Jepang memiliki bentuk atau rumah yang lebar dan ini menjadi ciri khas dari rumah gaya Jepang. Bentuknya yang lebar mengesankan rumah lebih megah, selain itu konsep ini juga bertujuan untuk melindungi interior dari percikan air hujan atau sinar matahari karena atapnya menggunakan kantilever.

Konsep ini sesuai sekali dengan kondisi Jepang yang sering mengalami hujan deras, sehingga perlindungan atap lebar lebih optimal untuk menghindarkan air hujan masuk ke rumah.

2.     Penggunaan Pintu Geser

Berikutnya, untuk rumah dengan nuansa Jepang pastikan menggunakan pintu geser. Pintu geser adalah ciri khas menonjol pada rumah tradisional Jepang, yang diaplikasikan sebagai pemisah ruangan. Pintu geser ini juga memiliki fungsi untuk memudahkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Pengaplikasian pintu geser, ternyata juga bagus untuk membuat tampilan interior rumah jauh lebih nyaman dan homey.

3.     Rumah yang Lebih Menyatu ke Alam

Untuk Anda yang ingin mengaplikasikan rumah bernuansa Jepang, maka harus membuat desain rumah terbuka yang menyatu dengan alam. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan elemen air yang merupakan elemen penting pada rumah nuansa Jepang.

Misalnya Anda bisa membuat kolam ikan di area taman di dalam rumah atau menggunakan dekorasi tanaman dengan bonsai. Tampilannya sendiri, pada rumah bernuansa Jepang memang memberikan ciri khas rumah alami dan sederhana.

4.     Penggunaan Material Kayu

Ciri paling dominan yang bisa Anda lihat pada rumah bernuansa Jepang adalah material yang lebih dominan kayu. Penggunaan material kayu memang dilakukan karena di Jepang sering terjadi gempa dan rumah kayu mempunyai sifat anti gempa.

Kayu juga merupakan material yang tahan terhadap panas dan lembab ketika musim panas. Penggunaan kayu bisa sangat baik untuk suhu lingkungan sekitar rumah.

5.     Gunakan Furniture Ala Jepang

Terakhir, tambahkan sentuhan furniture ala Jepang yang biasanya berisi perabotan multifungsi. Furniture multifungsi tentu bertujuan untuk membuat rumah jadi lebih rapi dan tertata dengan baik, terutama rumah dengan luas yang terbatas.

Untuk rumah dengan konsep ala Jepang pastikan juga Anda memaksimalkan pencahayaan terutama di siang hari. Karena pencahayaan di dalam rumah yang diatur dengan baik, mempertegas nuansa Jepang yang cukup kental di dalam rumah. Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep ala Jepang, pastikan memilih produk bahan bangunan ramah lingkungan hanya di SCG CBM.

SCG CBM menghadirkan produk-produk go green salah satunya produk semen. Semen SCG PCC ini hadir dengan kelebihan yaitu memiliki daya ikat kuat dan rendah penyusutan. Jenis semen ini juga membuat dinding bisa mencapai kekeringan pada waktu yang tepat, jadi lebih hemat waktu pengerjaan dan biaya konstruksi serta mengurangi polusi udara karena pengerjaan pembangunan hunian ataupun konstruksi jauh lebih cepat. Semen SCG juga punya tekstur yang lebih halus dengan daya rekat yang tinggi, jadi mudah diaplikasikan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*