Mengenal Apa Itu Tantrum dan Beragam Jenisnya

Saat anak masih berada di usia 1-4 tahun, biasanya anak seringkali meluapkan emosinya berlebihan seperti menangis atau marah. Hal ini biasanya lebih sulit untuk dihentikan dan anak cenderung sukar menjadi tenang, biasanya karena berbagai hal. Tetapi apa itu tantrum sebenarnya dan bagaimana ini bisa terjadi?

Mengenal Tantrum

Tantrum merupakan kondisi dimana anak kesulitan untuk mengkomunikasikan hal yang diinginkan sehingga meluapkannya melalui menangis atau marah. Ini merupakan ledakan emosi yang sebenarnya wajar dialami anak terutama ketika ada beberapa hal yang sulit untuk diungkapkan.

Tantrum sendiri sering ditandai dengan munculnya perasaan marah dan keras kepala yang pada anak sering diluapkan lewat menangis. Ketika ini terjadi, sebenarnya sangat wajar karena menunjukkan adanya perkembangan dari karakter si anak.

Umumnya, tantrum disebabkan kesulitan anak dalam berkomunikasi karena keterbatasan kemampuan linguistic dari anak-anak. Setelah itu terjadi ledakan emosi yang ditandai dengan tangisan keras dan sulit sekali untuk menenangkannya.

Jenis-Jenis Tantrum

Secara garis besar, tantrum terbagi ke dalam dua jenis yang terjadi akibat alasan yang berbeda dari si anak ketika melakukannya. Berikut ini jenis-jenis tantrum yang perlu dipahami agar penanganannya bisa dilakukan dengan lebih bijak.

1. Tantrum Manipulatif

Jenis pertama biasanya disebabkan oleh keinginan anak yang tidak dipenuhi sehingga anak mengalami tantrum supaya keinginannya dipenuhi. Tantrum ini sering terjadi setelah keinginan anak ditolak oleh orang tua jadi anak menangis agar orang tua mau memenuhi keinginannya. Anak cenderung masih sangat egois dan ingin semua kemauannya terpenuhi menjadi alasannya.

2. Tantrum Frustasi

Kedua ada tantrum yang menandakan si anak tengah mengalami frustasi dan kesulitan dalam mengekspresikan dirinya sendiri. Anak merasa kesulitan berkomunikasi dan mengungkapkan hal tersebut sehingga lebih memilih menangis atau mengamuk. Tantrum jenis ini bisa hadir karena anak yang merasa kelelahan, lapar, atau bisa juga kesulitan dalam melakukan sesuatu.

Memahami apa itu tantrum sebenarnya akan membantu orang tua dalam hal menenangkan anak dan membuat mereka berhenti. Selalu pastikan diri untuk tetap tenang karena kemarahan malah akan berakibat pada anak yang semakin menangis kencang. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*