Ingin Memulai Investasi yang Aman dan Dijamin Negara? Yuk Kenali 5 Kelebihan Investasi Surat Berharga Negara

Surat Berharga Negara (SBN) merupakan salah satu produk investasi yang ditawarkan oleh pemerintah. SBN sendiri adalah sebuah dokumen penting yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mendanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN). Investasi Surat Berharga Negara terbagi menjadi beberapa jenis instrumen, seperti Surat Utang Negara (SUN), Obligasi Negara Ritel (ORI), dan lainnya, sehingga para investor bisa memilih instrumen investasi sesuai dengan keinginan dan dalam jangka waktu yang bebas untuk ditentukan pula. Bagi anda yang belum mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dari investasi SBN, anda bisa menyimak penjelasan berikut ini. 

5 Kelebihan Investasi Surat Berharga Negara (SBN)

Sama seperti jenis investasi yang lain, investasi SBN menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa kamu nikmati, antara lain :

Pajak SBN Lebih Rendah Dari Pajak Deposito

Kelebihan pertama adalah pajak SBN yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pajak deposito. Jika anda berinvestasi SBN, terutama ORI dan sukuk, anda hanya akan dikenakan pajak sebesar 15% saja. Pajak tersebut lebih rendah dari pajak deposito yaitu sebesar 20%. Hal tersebut kemudian akan membuat anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika berinvestasi SBN.

Tingkat Resiko Relatif Rendah

Investasi SBN juga dijamin keamanannya oleh negara, terutama untuk jenis instrumen ORI dan SUN. Karena keamanannya tersebut, investasi pun akan lebih stabil dan risiko yang mungkin terjadi akan lebih rendah jika dibandingkan dengan investasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta. Oleh karena itu, investasi SBN akan selalu menghasilkan keuntungan setiap bulannya, kecuali jika kondisi negara sedang mengalami konflik atau krisis besar.

 Bagi Hasil dan Bunga Bersifat Kompetitif

Kelebihan selanjutnya adalah jumlah bunga dan sistem bagi hasil relatif lebih besar dari imbal hasil investasi deposito. Hal tersebut kemudian memungkinkan Anda untuk dapat meraih nilai bunga yang cukup bersaing.

Bentuk Kontribusi untuk Pembangunan Negara

Salah satu kelebihan dari investasi SBN adalah membuka peluang kepada investornya untuk berkontribusi dalam pembangunan negara secara langsung. Dengan Anda berinvestasi SBM, maka Anda juga membantu pembangunan negara khususnya di masa pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini. Tentu, hal ini merupakan sebuah kebanggan bukan? 

Aman dari Fluktuasi Pasar

Berbeda dengan jenis investasi pada umumnya, SBN dilengkapi dengan dua sumber profit, yaitu capital gain dan kupon bunga. Kedua keuntungan tersebut akan selalu dibayarkan oleh negara kepada para investor secara konsisten karena hal itu tidak dapat dipengaruhi oleh fluktuasi pasar.

Jadi, Itulah 5 kelebihan investasi Surat Berharga Negara yang bisa Anda dapatkan jika memilih investasi jenis ini. Dengan keuntungan-keuntungan tersebut tentunya investasi SBN bisa menjadi alternatif jika anda ingin memulai berinvestasi dengan aman. Yuk mulai berinvestasi SBN!

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*