Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa, Mana yang Lebih Diprioritaskan?

Asuransi kesehatan yang bisa Anda dan asuransi jiwa merupakan dua produk asuransi yang paling banyak menarik minat nasabah. Sebab, tidak ada yang tahu kapan Anda akan sakit sehingga pertanggungan dari asuransi kesehatan sangat bermanfaat khususnya ketika Anda sakit di saat sedang mengalami kesulitan keuangan. Sementara asuransi jiwa sangat bermanfaat bagi keluarga jika suatu saat Anda mengalami musibah hingga meninggal dunia.

Namun, bagaimana jika saat ini keuangan Anda terbatas dan Anda hanya bisa memilih salah satu dari keduanya? Manakah yang lebih baik diprioritaskan?

Untuk bisa menjawabnya, yuk kenali lebih dalam dulu perbedaan keduanya sehingga Anda bisa lebih memahaminya.

1. Menurut Risiko yang Ditanggung

Pada asuransi jiwa, pemegang asuransi akan mendapat tanggungan atas beberapa risiko, seperti cacat tetap total karena kecelakaan hingga kematian.

Sedangkan pada asuransi kesehatan, pengguna asuransi akan mendapat tanggungan ketika Anda mengalami masalah kesehatan yang membuatnya harus mendapat perawatan, baik rawat inap maupun rawat jalan (tergantung jenis asuransi kesehatan yang digunakan).

2. Berdasarkan Prosedur Klaim

Perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan berikutnya ada pada prosedur klaimnya. Khusus asuransi jiwa, ahli waris yang akan mengajukan klaim karena pemilik polis atau tertanggung telah meninggal dunia. Inilah alasannya mengapa Anda sebagai pemilik polis wajib menginformasikan ahli waris yang namanya tercantum pada polis mengenai keberadaan asuransi ini agar proses klaim dapat dilakukan dengan lancar.

Pada asuransi kesehatan ada dua cara, yaitu sistem cashless dan reimburse. Khusus sistem cashless, biaya akan langsung dibayarkan oleh perusahaan asuransi pada pihak rumah sakit tempat pemilik asuransi dirawat. Sedangkan sistem reimburse, yaitu dengan cara pemegang asuransi mendapatkan biaya ganti rugi dari keseluruhan dana perawatan dan obat yang tertanggung oleh pihak asuransi.

3. Penerima Manfaat Asuransi

Hal lain yang menjadi perbedaan asuransi jiwa dan kesehatan, yaitu dari penerima manfaatnya. Pada asuransi jiwa, manfaat asuransi adalah sebagai perlindungan finansial kepada anggota keluarga yang menjadi ahli waris dari pengguna asuransi. Karena tanggungan asuransi akan diberikan jika nasabah meninggal dunia.

Jadi, Mana yang Sebaiknya Diprioritaskan?

Kedua asuransi tersebut sangatlah penting, tetapi jika Anda harus memilih salah satunya maka disarankan agar Anda mengutamakan asuransi kesehatan terlebih dahulu. Sebab, datangnya penyakit bisa sewaktu-waktu dan mungkin akan lebih dari satu kali dalam setahun. Dengan adanya asuransi, maka Anda bisa mendapatkan perawatan terbaik sehingga bisa segera sembuh dan kembali mencari penghasilan.

Namun, jika saat ini kantor tempat Anda bekerja telah menyiapkan fasilitas asuransi kesehatan dan Anda juga berperan sebagai pencari nafkah tunggal dalam keluarga, maka asuransi jiwa bisa didahulukan. Sebab, Anda membutuhkan jaminan finansial untuk keluarga saat Anda meninggal atau mengalami cacat tetap total hingga tidak lagi bisa bekerja.

Intinya, sesuaikan keputusan Anda dengan kondisi Anda saat ini. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*